Instagram sebagai Media Bisnis

        Seperti yang kita tahu bahwa Instagram merupakan media sosial yang membagikan aktivitas atau kegiatan melalui unggahan foto dan video. Saat ini Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat digandrungi banyak orang dari berbagai kalangan. Di Indonesia sendiri pun pengguna Instagram mencapai 56 juta penduduk atau 20,97% dari total populasi di Tanah Air. Dari hasil tersebut para pebisnis dapat memanfaatkan peluang untuk mempromosikan barang atau jasanya.

Pada delapan tahun yang lalu, tepatnya 6 Oktober 2010 media sosial “Instagram” merilis perdana di Apple Store. Instagram menjadi hal baru dalam jejaring sosial berbasis foto dan video. Hingga akhirnya aplikasi Instagram menjadi populer, bahkan pengguna aktifnya mencapai 1 miliar. Pada awal perkembangannya, Instagram hanya digunakan untuk membagikan foto dan video pribadi seperti foto pemandangan, selfie, atau video yang menampilkan hobi seseorang (menari, memasak, bermain musik, dsb) namun saat ini aplikasi Instagram juga digunakan sebagai wadah untuk berbisnis. Para pebisnis dapat menggunakan fitur bisnis yang telah disediakan Instagram dan juga dapat melakukan kolaborasi dengan beberapa selebgram dengan memanfaatkan followers yang mereka miliki, karena jumlah pengikut Instagram sangat mempengaruhi dalam hal berbisnis di Instagram.

Fitur Bisnis Instagram

Pada 2016 lalu, Instagram merilis Instagram For Business. Fitur bisnis ini membantu para pemilik bisnis memilih bagaimana pelanggan dapat menghubungi mereka melalui email, whatsapp, atau e-commerce yang mereka tautkan di biodata akun bisnis mereka. Dengan menggunakan fitur bisnis ini, pemilik bisnis dapat melihat insight dan kemampuan untuk melakukan promosi.

Fitur insight ini membantu memberi tahu mengenai informasi penting tentang followers dan postingan mana yang dijangkau paling tinggi oleh para pengikut untuk mengenal lebih dalam perilaku dan demografis audience.

Terdapat fitur promote pada Instagram, digunakan untuk postingan sebagai ads atau iklan dalam apalikasi Instagram. Ads membantu pemilik bisnis untuk berhubungan dengan pelanggan bisnis, postingan yang sudah di bagikan dapat ditambahkan action button. Pemilik bisnis dapat memilih target konsumen dan Instagram dapat menyarankan target konsumen.

Dengan fitur ini, bisnis akan memahami konsumen dengan lebih baik, mampu menyesuaikan konten, dan memperbaiki strategi marketing. Instagram memberikan tools ini agar para pemilik bisnis dapat membangun dan mengembangkan bisnisnya lebih mudah.

Kolaborasi dengan Selebgram

Selain fitur bisnis dalam Instagram, para pemilik bisnis dapat melakukan kolaborasi dengan beberapa influencer atau biasa disebut selebgram yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Karena pemasaran menggunakan jasa selebgram pun dapat dikatakan mudah dan murah tergantung sesuai budget yang dimiliki para pemilik bisnis.


Instagram merupakan salah satu media sosial terbaik sebagai kolaborasi suatu brand dengan selebgram. Dengan jumlah pengikut yang cukup banyak dapat membantu pemilik bisnis untuk menaikkan daya minat beli terhadap pelanggan karena barang dipromosikan dan dikenalkan langsung melalui sumber yang pelanggan percaya, dengan kata lain langsung melalui akun Instagram idola mereka.

Dimulai dari pemilik bisnis mencari dan memilih selebgram mana yang sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis dan dilanjut menghubungi selebgram untuk mengajak berkolaborasi. Terdapat beberapa bentuk kerja sama yang ditawarkan mulai dari memposting dengan model sponsor (endorse), postingan yang dipromosikan melalui media sosial, atau dalam waktu jangka panjang melalui kontrak selebgram sebagai brand ambassador. Untuk tarif selebgram biasanya tergantung dari follower yang mereka miliki, semakin banyak followers aktif yang dimiliki maka semakin mahal tarif kerja sama dengan selebgram tersebut. Dalam model endorse terdapat sistem barter dengan produk yang dipromosikan. Jadi pemilik bisnis tidak harus memiliki budget yang besar untuk memanfaatkan kolaborasi ini.



sumber :

https://teknologi.bisnis.com/read/20190629/84/939306/daftar-pengguna-instagram-terbanyak-di-dunia-indonesia-di-urutan-berapa

http://internetmarketing.co.id/branding-dengan-selebgram-marketing/

Comments